Jumat, 09 Desember 2016

Gerakan Aman Prenatal Yoga Untuk Ibu Hamil




Otot kaku, rasa tegang, dan pegal pegal seringkali muncul di saat Anda tengah hamil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan relaksasi melalui latihan pernafasan yoga. Yoga untuk ibu hamil sangat bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas, nyeri pinggang, dan keluhan-keluhan lain selama kehamilan.

Yoga untuk ibu hamil dapat dilakukan dengan pertama-tama mengambil posisi duduk atau berbaring senyaman mungkin, kemudian bersikap santai, pejamkan mata, dan relaksasi otot-otot punggung, pinggang, hingga otot kaki, kemudian bernafaslah melalui hidung, tarik dan hembuskan secara perlahan-lahan. Ulangi hal tersebut selama 10 menit atau hingga Anda merasa nyaman. Sambil melakukan hal tersebut, tekanlah perut ke arah luar dan tahan sampai hitungan ke empat. Biarkan otot pundak dan leher Anda rileks.

Setelah itu keluarkan nafas dengan tenang dan perlahan. Latihan di atas akan sangat baik bagi ibu hamil, karena selain mengatasi keluhan-keluhan rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal, Anda juga akan merasa lebih bugar, lebih sehat, sekaligus lebih kuat. 

Jika Anda ingin latihan yoga yang lebih terfokus agar hasilnya lebih optimal, Anda dapat melakukan gerakan yoga khusus untuk ibu hamil dengan 3 latihan berikut ini :

1. Duduk dengan posisi bersila




Letakan kedua tangan Anda di sisi badan dengan siku lurus. Kemudian angkat kedua tangan Anda dari samping ke arah kepala sambil menarik nafas sampai jari-jari kedua tangan Anda bertemu. Setelah itu hembuskan nafas sambil menurunkan tangan Anda ke bagian depan. Gerakan ke-1 memberi manfaat untuk melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, juga menenangkan perasaan, serta menimbulkan perasaan tenang dan nyaman. 

2. Merangkaklah dengan kedua siku tangan yang lurus, pandang ke depan, dan punggung rata



Tariklah nafas, lalu lengkungkan punggung Anda. Setelah itu hembuskan nafas, sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Gerakan yoga ke-2 bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh. 

3. Ambil posisi berbaring



Kedua kaki Anda menempel di dinding, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Tariklah nafas seiring mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Hembuskan nafas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Gerakan yoga ke-3 ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa rileks pada tubuh Anda. Demikianlah gerakan-gerakan yoga yang ibu hamil dapat lakukan.


SEMOGA BERMANFAAT 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar