Jumat, 11 November 2016

Inilah 5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang




Bayi sungsang adalah salah satu kondisi kehamilan abnormal yang terjadi saat posisi kepala bayi berada di atas pada saat usia kehamilan telah menjelang trimester ketiga. Bayi sungsang merupakan sebuah masalah yang sering kali menjadi momok menakutkan bagi para ibu hamil, terutama saat mereka mengetahui posisi bayi dalam kandungannya setelah melakukan USG kehamilan. 

Jika Anda mengalami kondisi bayi sungsang, kami sarankan Anda untuk tidak terlalu khawatir. Senam Hamil untuk Bayi Sungsang Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah posisi bayi Anda yang sungsang kembali menjadi normal, salah satunya adalah dengan melakukan senam hamil. Senam hamil untuk bayi sungsang sangat efektif diterapkan untuk mengembalikan bayi ke posisi yang seharusnya. Berikut ini kami telah merangkum beberapa gerakan dalam senam hamil untuk bayi sungsang tersebut untuk Anda pelajari. 

Penyebab Bayi Sungsang Sebelum membahas mengenai gerakan apa saja yang bisa dilakukan dalam senam hamil untuk bayi sungsang, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja hal-hal yang menyebabkan posisi sungsang pada bayi dalam rahim Anda. penyebab bayi sungsang ada banyak ragamnya. 

Beberapa penyebab kelahiran sungsang antara lain : 

1. Bobot janin yang rendah sehingga janin dapat bergerak bebas. 

2. Rahim sangat elastis, biasanya terjadi pada mereka yang pernah melahirkan. 

3. Ruang panggul yang sempit sehingga janin terdorong pada posisi sungsang. 

4. Kehamilan kembar. 

Setelah mengetahui beberapa penyebab tersebut, sekarang Anda seharusnya lebih antisipatif. Jika Anda termasuk wanita dengan faktor resiko mengalami bayi sungsang di atas, sebaiknya Anda sering memeriksakan kondisi bayi Anda melalui USG kehamilan. Jika hasil pemeriksaan menunjukan posisi kepala bayi ada di atas pada usia kehamilan tua, maka kami sarankan lakukanlah beberapa gerakan senam hamil untukbayi sungsang berikut ini agar posisi bayi dapat menempati posisi seharusnya sehingga Anda melahirkan secara normal :

1. Gerakan Knee Chest 

Salah satu gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang cukup banyak dipilih adalah gerakan knee chest. Gerakan ini dilakukan dengan menungging ke arah samping agar perut tertekan dan menstimulasi bayi ke posisi normalnya. Yang perlu diingat dalam melakukan gerakan ini adalah jangan sampai Anda menekan perut terlalu kuat karena dengan tekanan yang kecil saja asal Anda sering melakukannya, bayi Anda dapat kembali ke posisi normal. Aturlah nafas Anda dan ulangi gerakan ini 10 kali setiap hari di usia kehamilan tua. 

2. Gerakan Yoga Headstand 

Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang selanjutnya adalah gerakan yoga headstand. Dalam bahasa Indonesia gerakan ini dikenal dengan nama “sikap lilin”. Saat melakukannya, Anda perlu mendapat bantuan orang lain untuk menahan berat tubuh Anda. Yang perlu diingat adalah jika Anda mengalami hipertensi atau anemia, jangan sekali-kali melakukan gerakan ini karena cukup berisiko terhadap penurunan pasokan oksigen bagi bayi dalam kandungan Anda. 

3. Gerakan Yoga Downward 

Dibandingkan dengan gerakan yoga headstand, gerakan yoga downward relatif lebih aman dilakukan. Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang ini dapata dilakukan dengan mengangkat bokong dan perut menggunakan kaki dan tangan Anda. Jika dirasa teralalu berat, Anda dapat menggunakan bantuan bola besar yang biasa digunakan untuk pilates. 

4. Berenang 

Selain dengan berbagai gerakan senam hamil di atas, berenang juga bisa menstimulasi posisi bayi sungsang agar kembali ke posisi normal. Berenang termasuk jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil. Berenang juga bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk menghadapi persalinan normal. 

5. Merangkak 

Beberapa ibu di Sumatera percaya jika gerakan merangkak seperti kucing juga dapat membantu mengembalikan bayi yang sungsang ke posisi seharusnya. Mereka merangkak, kemudian berdiri dan mengambil nafas, lalu kayang, begitu seterusnya. Nah, itulah penyebab serta beberapa gerakan senam hamil untuk bayi sungsang. Kami merekomendasikan gerakan-gerakan di atas sebagai tahapan awal dalam mengembalikan posisi bayi Anda. 

Lakukan salah satu dari 5 gerakan di atas secara kontinyu setiap hari kemudian lihatlah posisi bayi Anda dengan USG. Jika posisinya normal, hentikan perlakuan tersebut, namun jika tidak persiapkanlah diri Anda untuk menghadapi persalinan caesar.



SEMOGA BERMANFAAT!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar